Cuplikan KTI

Haloooooooo jadi di postingan kali ini saya akan memposting tentang cuplikan KTI.Cuplikan KTI ini saya post untuk memenuhi standar syarat  blog  murid SMAN 10.Ingat ya ini cuplikan jadi gak perlu tuh di copas semuanya dari word ke blog hehehehe BTW ,Here they areeeeeeeee




Karya Tulis Ilmiah

Pembuatan tas jinjing dengan inspirasi tarian khas suku dayak

Disusun oleh :
-          Adira Fadillah Irawan
-          Alya Fariha
-          Erma Annisa Dzakirah
-          M.Fathur Rachman
-          Nurlent Esiqi
X MIPA 4

SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 10 SAMARINDA
TAHUN AJARAN 2017/2018


Kata pengantar
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Puji serta syukur marilah kita panjatkan kepada kehadirat Allah SWT yang telah memberikan begitu banyak nikmat yang mana makhluk-Nya pun tidak akan menyadari begitu banyak nikmat yang telah didapatkan dari Allah SWT. Selain itu, kami sebagai penulis juga merasa sangat bersyukur karena telah mendapatkan hidayah-Nya baik iman maupun islam.
            Dengan nikmat dan hidayah-Nya pula kami dapat menyelesaikan penulisan Karya Tulis Ilmiah ini yang merupakan tugas mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Kami sampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada ibu guru pengajar mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan, Mustamiroh, S.Pd.,M.Pd dan semua pihak yang turut membantu proses penyusunan Karya Tulis Ilmiah ini.
            Kami sebagai penulis menyadari dalam Karya Tulis Ilmiah ini masih begitu banyak kekurangan dan kesalahan baik dari isinya maupun struktur penulisannya, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran positif untuk perbaikan dikemudian hari.
            Demikian semoga karya tulis ilmiah ini memberikan manfaat umumnya pada para pembaca dan khususnya bagi penulis sendiri. Amin.
Sekian dan terima kasih. 
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Samarinda, Oktober 2017
Penulis


Adira F.I         Alya F            Erma A.D           M.Fathur.R             Nurlent Esiqi
Daftar Isi
Cover Karya Tulis Ilmiah
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan masalah
1.3 Tujuan
1.4 Manfaat
Bab II Kajian Pustaka
2.1 Pengertian kewirausahaan
2.2 Hakekat Kewirausahaan
2.3 Ciri dan Karakteristik Kewirausahaan
2.4 Pengertian Kebudayaan
2.5 Macam – Macam Kebudayaan
Bab III Metodologi Penelitian
3.1 Tempat dan Waktu Pembuatan Produk
3.2 Metode Penelitian
3.3 Prosedur Pembuatan Produk
3.4 Biaya Pembuatan Produk
Bab IV Hasil dan Pembahasan
4.1 Gambaran Umum Produk
4.2 Langkah – Langkah Pembuatan Produk
4.3 Pembahasan
Bab V Penutup
5.1 Kesimpulan
5.2 Saran
Daftar Pustaka dan Lampiran - Lampiran




                 BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Kewirausahaan (Entrepreneurship) adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.
Wirausaha secara historis sudah dikenal sejak diperkenalkan oleh Richard Castillon pada tahun 1755. Beberapa istilah wirausaha seperti di Belanda dikenal dengan ondernemer, di Jerman dikenal dengan unternehmer. Pendidikan kewirausahaan mulai dirintis sejak 1950-an di beberapa negara seperti Eropa, Amerika, dan Kanada. Bahkan sejak 1970-an banyak universitas yang mengajarkan kewirausahaan atau manajemen usaha kecil. Pada tahun 1980-an, hampir 500 sekolah di Amerika Serikat memberikan pendidikan kewirausahaan. DI Indonesia, kewirausahaan dipelajari baru terbatas pada beberapa sekolah atau perguruan tinggi tertentu saja. Sejalan dengan perkembangan dan tantangan seperti adanya krisis ekonomi, pemahaman kewirausahaan baik melalui pendidikan formal maupun pelatihan-pelatihan di segala lapisan masyarakat kewirausahaan menjadi berkembang.
Orang yang melakukan kegiatan kewirausahaan disebut wirausahawan. Muncul pertanyaan mengapa seorang wirausahawan (entrepreneur) mempunyai cara berpikir yang berbeda dari manusia pada umumnya. Mereka mempunyai motivasi, panggilan jiwa, persepsi dan emosi yang sangat terkait dengan nilai nilai, sikap dan perilaku sebagai manusia unggul.
Indonesia memiliki banyak sekali kebudayaan yang tidak ternilai harganya. Dari sabang sampai merauke terdapat budaya yang berbeda – beda, Mulai dari kebudayaan yang bersifat benda seperti rumah adat, alat musik, senjata tradisional,dll. Dan terdapat juga kebudayaan yang bersifat non benda seperti upacara adat, tarian daerah, cerita rakyat,dll. Setiap kebudayaan tersebut dapat dijadikan inspirasi dalam pembuatan kerajinan yang dapat menghasilkan keuntungan.
Pada pembuatan kerajinan yang kami lakukan, kami membuat tas gendong dan menggunakan tarian khas suku dayak sebagai inspirasinya.
B.    Rumusan Masalah
-          Apa bahan – bahan yang digunakan dalam kerajinan inspirasi budaya lokal non benda kalimantan timur kami?
-          Apa Kegunaan dari kerajinan yang kami buat?
C.    Tujuan
            Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah :
-          Mengolah potensi sumber daya apa saja menjadi inspirasi dalam pembuatan karya yang bernilai jual tinggi.
D.     Manfaat
            Manfaat dilakukannya penelitian ini adalah :
            Bagi Pelajar :
-          Membantu pelajar dalam pembuatan karya dengan memanfaatkan potensi sumber daya daerah sebagai inspirasi.
-          Membantu pelajar untuk menciptakan karya yang bernilai jual yang tinggi dengan memanfaatkan potensi daerah lokal.
-          Mengasah kreativitas pelajar dalam berwirausaha karena karya tersebut memiliki nilai jual.
Bagi Guru :
-          Membantu guru dalam membimbing pelajar dalam pembuatan karya
Sebagai referensi guru dalam proses belajar mengajar.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Esai Debat dengan Mosi "Pemerintah akan Melegalkan Narkoba"

Penyimpangan dan Pengendalian Sosial Perundingan Terhadap Anak Remaja Sekolah di Indonesia